Faktor Penyebaran Virus Komputer




Faktor Penyebaran Virus Komputer - Siapa yang tidak kenal virus? pasti tau dong, sebagian besar Pengguna komputer didunia pasti pernah merasakan virus komputer yang sangat menyebalkan, berikut saya akan Membagikan artikel tentang Faktor Penyebaran Virus Komputer. Langsung saja simak

Pada saat ini, terdapat enam faktor teknologi yang berpengaruh pada keragaman dan tingkat kompleksitas dari virus komputer dan worms :

Penggunaan Teknologi Komunikasi Broadband
Penggunaan teknologi komunikasi broadband di rumah-rumah, seperti cable modem dan Digital Subscriber Line (DSL), pada masa yang akan datang, menjadikan hubungan yang bersifat konstan dan statis antara pengguna dan jaringan internet (memiliki network address yang cenderung tetap). Hal ini dapat memudahkan para hacker atau worms untuk menentukan target dan menyerang komputer para pengguna yang terhubung dengan jaringan internet.
Selain itu diperkirakan jika lebih banyak pengguna yang mengadopsi teknologi komunikasi broadband ke rumah-rumah mereka, maka berbagai aplikasi terkoneksi (connected applications) seperti personal web server, search agent, dan chat programs, akan mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Di sisi lain, penggunaan berbagai macam macro dan pendukung program lainnya untuk meningkatkan kemampuan aplikasi perangkat lunak juga akan meningkat. Dan sudah tentu hal ini akan memudahkan para hacker dan pencipta virus untuk mengeksploitasi berbagai aplikasi tersebut.

Proses disassembly yang semakin sulit
Mayoritas virus komputer di masa lampau ditulis dengan menggunakan bahasa aasembly yang merupakan bahasa pemrograman tingkat rendah dan cukup sulit untuk digunakan. Namun kini, mayoritas berbagai jenis virus komputer dan worms diciptakan dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi dan tool-tool yang lebih maju. Hal ini menyebabkan virus-virus tersebut menjadi lebih sulit untuk dianalisa, mengingat optimisasi yang dilakukan berbagai jenis compiler cenderung bersifat mengaburkan logika dari kode yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi tersebut.
Tingkat kompleksitas yang dimiliki oleh berbagai jenis virus dan worms ini dapat menyebabkan bertambahnya waktu yang diperlukan para peniliti virus untuk melakukan proses disassembly (pengubahan kembali kode mesin menjadi kode assembly) dan analisa.

Homogenitas Infrastruktur Sistem Komputer
Kesamaan (homogenitas) dalam hal penggunaan hardware, sistem operasi, aplikasi perangkat lunak, serta platform komunikasi dapat menjadi salah satu penyebab utama epidemi dari virus komputer, worms, dan trojan horses. Pada saat ini, lebih dari 90% komputer di dunia bekerja dengan sistem operasi Microsoft Windows disertai dengan perangkat keras (hardware) berbasis produk-produk Intel. Selain itu masih dengan persentase yang cukup tinggi, berbagai pengguna komputer menggunakan sistem email standar seperti Microsoft Outlook. Bahkan dalam bidang word processing, aplikasi Microsoft Word seakan memonopoli dalam hal penggunaan oleh pengguna rumahan, bisnis, dan pemerintahan. Sehingga pada dasarnya dapat dikatakan bahwa hampir seluruh PC di dunia memiliki kemiripan, baik dalam hal perangkat lunak maupun keras.

Kemudahan Pemrograman
Kemudahan pemrograman dalam sistem operasi Windows telah membuat proses pembuatan virus komputer menjadi suatu hal yang cukup mudah. Sebelumnya, tidak ada orang yang pernah memperkirakan bahwa bahkan aplikasi seperti Microsoft Word dan Excel dapat menjadi salah satu media penyebaran yang sangat sukses bagi virus komputer dan worms. Namun kini pengguna biasa pada umunya dapat dengan mudah menuliskan sepenggal program macro dan mengattach-kannya ke dalam sebuah dokumen Word atau Excel. Program macro berbasis pemrograman Visual Basic yang sangat mudah untuk dipelajari ini (berbasis bahasa pemrograman Basic pada umumnya) dapat melaksanakan berbagai fungsi seperti spell checking dan penjumlahan pada tabel-tabel. Lebih lanjut bahwa programprogram macro tersebut dapat di-copy atau meng-copy dirinya sendiri ke dalam dokumen lain. Namun di lain sisi, keberadaan program macro ini sangat rentan terhadap virus komputer, sehingga hampir 80% insiden yang disebabkan virus komputer ini disebabkan oleh virus macro pada aplikasi Word dan Excel.
Konektivitas Yang Lengkap
Jaringan komputer dewasa ini lebih terhubung satu sama lain dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Peningkatan jumlah hubungan dalam sistem komunikasi memungkinkan worms untuk dapat menyebar dengan sangat cepat dan bahkan menyerang target dengan jumlah yang sangat besar. Pada awalnya kecepatan penyebaran berbagai jenis virus komputer cenderung lebih lambat, karena lebih bergantung pada perilaku pengguna (kecepatan pertukaran data yang dilakukan pengguna baik melalui email, file server, floppy disk, dll). Perilaku pengguna ini dapat menyebabkan penyebaran virus komputer menjadi tidak praktis bahkan terbatas.
Walaupun email merupakan mekanisme ideal untuk penyebaran worms, namun trend ini mulai berubah pada tahun-tahun belakangan dengan eksploitasi terhadap komunikasi peer-to-peer. Contoh dari jenis worm yang mengeksploitasi jaringan peer-to-peer sebagai mekanisme penyebaran adalah Explore.Zip.

Migrasi Teknologi Ke Perumahan
Migrasi teknologi PC dari perusahaan ke rumah-rumah, dan pengadopsian bentuk jaringan perumahan (home networking) pada tahun-tahun memudahkan proses pengembangan virus komputer. Dengan berkembangnya teknologi PC dewasa ini, para pencipta virus dapat mengeksploitasi teknologi PC yang mereka punyai di rumahnya untuk mengembangkan virus ciptaan mereka.

0 komentar:

Poskan Komentar