Alat Transportasi di Istanbul, Turki



 




 



Alat Transportasi di Istambul, Turki - Buat yang pertama kali menginjakkan kakinya ke kota tua Istanbul, Turki ini pasti akan bertanya-tanya bagaimana dengan transportasi di kota tersebut? Bagaimana transportasi dari airport ke Istanbul centrum???
Sebelumnya jangan kaget kalau pas tiba di airport Istanbul anda disuguhkan orang-orang baik itu security, petugas atau masyarakat biasa yang masih tidak bisa berbahasa Inggris, sehingga bisa membuat anda sedikit repot untuk bertanya. Itulah pastinya yang akan menjadi kenangan pertama dengan Turki. Tapi jangan khawatir di airport Istanbul tidak ada yang namanya CALO, anda akan aman-aman saja bertanya sana sini walau mereka hanya menunjukkan dengan bahasa tarzan. Toh tidak rumit juga untuk sampai ke luar bandara.
Dari airport internasional Ataturk, Istanbul ada beberapa alternatif transportasi untuk menuju kota. Amankah??? Tentu aman sekali. Kecuali memang keberuntungan sedang tidak berpihak. apa boleh buat, namanya juga kehidupan dunia...kalau ada yg baik pasti ada yang jelek juga. Dari airport anda bisa memakai transportasi diantaranya TAKSI, BIS (HAVAŞ), dan METRO. Tergantung Hotel anda tepatnya berada di posisi mana dan jumlah barang-barang yang anda bawa.
METRO, anda dari airport keluar menyebrangi jalan menuju tempat parkir dan naik lift menuju lantai dasar (toh ada bacaaannya). Harga tiket??? 1 orang harganya 1.4 TL (turkish lira) atau kalau dalam Dollar itu 90 Cent. Jauh dekat harganya sama koq, bisa beli langsung sebelum naek Metro. alternatif Metro bisa digunakan jika hotel anda berada di daerah TOPKAPI, AKSARAY. Jika barang-barang anda hanya sedikit, hotel-hotel di daerah LALELI, BEYAZIT, SULTAN AHMET, SIRKECI dan EMINONU. Hanya saja ketika dalam Metro sudah sampai daerah ZEYTINBURNU (toh metro nanti teriak-teriak sudah sampai mana-mananya) anda turun dan nyambung naik kereta (TRAMVAY). Pastinya bayar tiket lagi dengan harga yang sama. Paling mudah dan tidak kena macet tentunya.
BIS HAVAŞ, bis ini bisa langsung ditemukan saat anda keluar dari airport langsung. Di sana anda juga bisa lihat waktu-waktunya. setiap 30 menit pemberangkatan. ada 3 tujuan bis ini. janga sampai anda salah pilih. Biasanya turist-turist memilih daerah TAKSIM SQUARE, jadi kalau memang mau ke daerah Taksim tentunya harus naik yang itu donk. tiket?? harganya 10 TL atau 7 USD. perjalanan sampai pusat kota sekitar 45 menit. Dan anda bisa menikmati perjalanan dengan view laut Marmaris sebelah kanan dan puing Benteng peninggalan Bizantyum sebelah kiri.
TAKSI, ini tidak ada jalur khusus. Terserah mau kemana saja ga ada masalah. Yang pasti kembali lagi ke Indonesia pakai taksi tidak memungkinkan. Taksi cukup aman juga, karena anda menggunakan taksi airport. Argo pertama 2 TL dan jika siang pasti setiap argo akan berubah ada tulisan GUNDUZ (siang).....atau GECE (malam). Jadi sesuaikan dengan perjalanan anda. Dari airport ke Taksim sekitar 40-50 TL atau 27-33 USD.

Jadi silakan tinggal mengatur saja mana baiknya. Kalau yang suka melancong, pastinya akan cari santai dan yang murah-murah tentunya. Di dalam kota Istanbul sendiri, anda akan dengan mudah menggunakan transportasi. Seperti Metro, Metrobus atau subway, tramvay dalam kota dan bis. Harga satu tiket jauh dekat sama yaitu 1.4 TL atau 90 Cent. siapkan uang recehan untuk jalan-jalan.
Semoga bisa bermanfaat. Jika perlu informasi lebih banyak lagi tinggal tanya aja bagian informasi ya :)

0 comments:

Post a Comment