Tips Membeli Komputer yang Benar

tips-membeli-komputer--TPB-BLOG
Tips Membeli Komputer yang Benar - Membeli komputer tidak seperti membeli alat elektronik lainnya seperti Xbox atau PlayStation. Banyak orang yang membeli komputer tanpa pikir panjang, yang akhirnya hanya membuat komputer tersebut tidak berguna karena tidak mempunyai kemampuan sistematik yang sesuai dengan kebutuhan si pemiliknya. Di bawah ini ada beberapa tips untuk membeli komputer agar komputer anda dapat lebih efisien dalam penggunaanya, dan andapun dapat berhemat.

Adapun tips membeli komputer yang lebih efisien antara lain:

1. Tentukan kebutuhan Anda.

Sebelum membeli, pahami fungsi dan kegunaan komputer buat Anda. Apakah untuk membantu anak Anda dalam mengerjakan tugas-tugas sekolahnya, Atau hanya untuk sekadar main game, atau hanya untuk sarana belajar komputer? Kebutuhan komputer yang hanya digunakan untuk mengetik sangat berbeda spesi­fikasi dan harganya dengan penggunaan komputer untuk desain grafis. Semakin kompleks penggunaannya, tentu akan semakin banyak komponen dan persyaratan yang harus dipenuhi komputer tersebut. sehingga harganya pun akan lebih mahal. Selain itu, perlu diperhatikan juga tingkat mobilitas Anda. Jika Anda adalah seorang yang banyak bekerja di luar kantor dengan beban kerja yang banyak, maka komputer jenis laptop/notebook layak diper­timbangkan. Jika pekerjaan Anda tidak memerlukan mobilitas yang tinggi, atau hanya memerlukan komputer untuk keperluan keluarga, maka lebih tepat jika Anda memilih jenis PC (personal komputer) yang harganya lebih murah dibanding laptop.

2. Beli komputer yang sesuai kebutuhan Anda

Langkah berikutnya adalah mencari dan membeli komputer de­ngan spesifikasi yang sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mem­belinya di toko langganan Anda, atau pergi ke pusat-pusat pen­jualan komputer. Di Jakarta, misalnya, pusat penjualan komputer yang cukup terkenal adalah kawasan Glodok dan Mangga Dua. Di sana terdapat banyak komputer dengan spesifikasi yang beragam yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Sebagai alternatif, belilah komputer rakitan

Jika dana Anda terbatas, maka Anda dapat mencari dan mem­beli komputer rakitan. Mungkin ada yang belum paham apa yang disebut dengan komputer rakitan? Komputer rakitan atau sering disebut white box oleh Asosiasi Produsen Komputer, adalah komputer yang komponen-komponennya dirakit sendiri oleh perakit (biasanya oleh si pengguna atau pihak toko komputer). Komputer rakitan memungkinkan Anda memilih dan menyusun sendiri komponen-komponen yang sesuai dengan spesifikasi yang Anda inginkan. lstilah komputer rakitan biasanya berlaku untuk PC desktop. Harga komputer rakitan lebih murah daripada komputer bermerek dengan spesifikasi yang setara. Komputer bermerek memasang harga yang lebih tinggi karena mereka menjual jamin­an kualitas. Mereka juga menanggung biaya usaha dari besarnya bentuk perusahaan mereka.

4. Tunggu US dolar (US$) turun

Sudah menjadi kebiasaan setiap orang, yaitu membeli sesuatu ketika harga barang tersebut turun. Harga komputer di Indonesia sangat terpengaruh dengan naik turunnya nilai mata uang dolar Amerika (USD). karena dolar Amerika telah menjadi patokan har­ga dan setiap penjualan barang-barang tersebut selalu menampil­kan harga dalam mata uang dolar Amerika. Ketika nilai dolar turun, maka secara otomatis harga komputer pun turun. Jadi bila dana Anda terbatas dan kebutuhan komputer tidak terlalu mendesak, disarankan untuk membeli komputer di saat dolar turun.

Komputer telah bergeser statusnya dari barang mewah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak kalangan. Walaupun harganya belum dapat dijangkau oleh semua kalangan, tetapi jika Anda memiliki keuangan yang terbatas, Anda dapat menyiasatinya agar dapat mem­beli komputer secara efisien dan optimal menurut kebutuhan Anda.

0 comments:

Post a Comment