Pilih Desain Web Bagus atau SEO yang Bagus?

Pilih Desain Web Bagus atau SEO yang Bagus?


Website dengan Desain Web bagus merupakan keinginan setiap orang. Tidak bisa dipungkiri, website yang mempunyai kualitas Desain penuh warna dan kelap-kelip memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pengunjung akan merasa betah untuk berlama-lama berada di Web kita.

Lalu apakah definisi desain bagus bagi kebanyakan orang? Dari beberapa klien yang mempercayakan pembuatan website pada seseorang, kebanyakan desain bagus menurut mereka adalah; full colour, penuh animasi kelap-kelip, dan gambar-gambar yang indah. Desain web dengan kriteria seperti ini sangat umum bagi kebanyakan orang. Tapi apakah sesederhana itu menerapkan desain yang bagus menurut kebanyakan orang tersebut?

Dalam prakteknya, menerapkan desain website bagus ini ternyata sangat sulit. Mengapa sangat sulit? Hal ini berkaitan dengan kriteria kualitas website bagus menurut Google. Salah satu kriteria website bagus menurut Google adalah website harus ringan saat dibuka. Lama waktu “loading” harus tidak lebih dari 60 detik. Selain itu terlalu banyak animasi dan gambar yang ada di bagian header atau sidebar, akan mengganggu hasil penilaian robot Google terhadap website kita.

Mengapa Google begitu penting bagi sebuah website? 

Hal ini karena sekitar 80% pengguna internet menggunakan sarana Google sebagai alat pencarian di internet. Saat ini pengguna internet lebih suka mencari di mesin pencari dari pada harus menghafal masing-masing alamat yang jumlahnya mencapai ratusan atau bahkan ribuan untuk setiap kategori yang diinginkan.

Salah satu contoh kecil adalah pengalaman saya menempati peringkat 1 dengan kata kunci “Bot Like Doang", Eh trafic sangat drastis naik ke blog saya, karena pada saat itu masih musim2nya Bot Facebook . Dan masih banyak lagi yang terbukti mendapat keuntungan langsung saat berada di posisi #1 Google.

Artinya, bicara masalah membuat website yang bagus, kita harus bisa memadukan antara kriteria bagus menurut manusia dan bagus menurut Google. Keduanya harus seimbang agar KAMPANYE BISNIS yang kita lakukan di internet bisa menghasilkan keuntungan bagi kita. Tolok ukur website bagus bagi saya adalah seberapa besar PENGUNJUNG TERTARGET yang masuk. Karena besarnya kunjungan akan berbanding lurus dengan besarnya penjualan atau transaksi yang terjadi bagi bisnis kita. Ini berdasarkan pengalaman saya dan beberapa klien desain website saya.

0 comments:

Post a Comment