Yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Di Blog

Yang Harus Diperhatikan Ketika Menulis Di Blog


Ada kekeliruan kecil yang kerap dilakukan pemilik usaha kecil yang membuat blog. Kekeliruan ini adalah menganggap semua materi promosi di dunia nyata bisa langsung di-copy mentah-mentah untuk disalin ke blog. Padahal, blog adalah medium yang sama sekali berbeda, dan harus disikapi dengan cara yang berbeda pula.

Pada blog, konten dalam bentuk teks merupakan unsur yang sangat penting. Jadi teks atau naskah harus disiapkan dengan seksama. Berikut beberapa hal yang harus di perhatikan ketika menulis di blog, antara lain sebagai berikut :

1.    Tahu Tujuan
Anda harus mengetahi dengan persis apa tujuan penulisan. Anda harus mendapat gambaran yang utuh dan jelas menyangkut apa yang ingin disampaikan kepada pembaca. Jadi tanyakan kepada diri sendiri apa kira-kira yang ingin dicapai dari satu tulisan. Jika memahami tujuan, Anda lebih mudah mengartikulasikan apa yang ingin disampaikan kepada pembaca. Anda juga bisa mengidentifikasi istilah yang tepat.

2.    Kenali Audiens
Blog merupakan platform pemasaran yang unik dengan lingkup yang tak terbatas. Secara teoritis anda sebaiknya mengenali audiens, atau siapa yang disasar dalam tulisan. Karakteristik sasaran akan menentukan bagaimana corak tulisan dimuat.
Jika sasarannya adalah kaum muda, tentu cara penulisan disesuaikan dengan bahasa anak muda. Anda juga mungkin bisa memasukan beberapa istilah ‘gaul’ khas anak muda.
Jika sasarannya adalah ibu rumah tangga, atau karyawan kantoran, tentu gaya dan cara penulisannya berbeda.

3.    Jangan Terlalu Panjang
Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa pembaca umumnya enggan berlama-lama ketika mengunjungi sebuah blog. Jadi sebaiknya tulisan jangan terlalu panjang. Buatlah singkat namun informatif.

4.    Mudah Dipindai
Karena pembaca enggan berlama-lama, usahakan tulisan yang dibuat mudah di-scan atau dipindai. Hanya dengan melihat sekilas pembaca sudah bisa mengetahui apa isi tulisan. Cara termudah membuat tulisan yang mudah dipindai adalah dengan membaginya dengan beberapa sub bab. Anda juga bisa memberi huruf tebal atau huruf miring untuk istilah atau hal-hal penting.

0 comments:

Post a Comment