Efek Pertumbuhan Jumlah Pengguna Internet

Efek Pertumbuhan Jumlah Pengguna Internet 


Jumlah pengguna internet di seluruh dunia telah bertambah pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Menurut data dari Internet World Stats, pertumbuhan pengguna internet di seluruh dunia mencapai 566% sepanjang periode tahun 2000-2012. Dari sisi jumlah pengguna internet, Asia sebagai contributor terbesar menyumbang 44.8% dari total pengguna internet di seluruh dunia.

Statistik Jumlah Pengguna Internet di Dunia

Statistik Jumlah Pengguna Internet di Dunia

Jumlah Pengguna Internet di Asia

Di Asia sendiri, Indonesia tercatat di urutan keempat untuk jumlah pengguna internet terbanyak di Asia. Akan tetapi urutan ini bisa berubah jadi urutan ketiga karena penetrasi internet di Indonesia belum sebesar di Jepang yang berada di urutan ketiga.

Jumlah Pengguna Internet di Asia

Jumlah Pengguna Internet di Asia

Pengaruh Pesatnya Pertumbuhan Jumlah Pengguna Internet ke Marketing

Sadar dengan pesatnya pertumbuhan pengguna internet di Indonesia, banyak marketer yang mulai mengalihkan sebagian budget marketingnya ke channel digital. Strategi marketingpun mulai ditambahkan menggunakan Digital Marketing.

Digital marketing mirip dengan conventional/traditional marketing, hanya saja pasar yang dituju ada di dunia maya/digital. Dengan menambahkan digital marketing, marketing plan yang dibuat akan semakin komprehensif dan terintegrasi ke dalam 3600 Marketing.

Beberapa hal yang biasanya dilakukan di digital marketing adalah:
  1. Digital/Online Campaign, menggunakan microsite maupun social media seperti Facebook dan Twitter.
  2. Online Advertisement seperti Online Banner/Placement, Google Adwords, SITTI, maupun Facebook Ads
  3. Search Engine Optimization (SEO)
  4. Email Marketing
Salah satu yang populer digunakan adalah menggunakan Facebook Fan Page dan diperkuat dengan iklan Facebook Ads. Alasan yang mendasari banyaknya brand yang menggunakan Facebook Fan Page karena jumlah pengguna Facebook yang sangat banyak, kurang lebih sudah 1 Milyar pengguna Facebook. Meskipun ada indikasi banyaknya akun palsu, akan tetapi jumlahnya tidak signifikan dibandingkan potensi pasar yang ada.

Di Indonesia sendiri, menurut Internet World Stats, tercatat ada lebih dari 51 juta pengguna Facebook. Ini merupakan pasar yang sangat menggiurkan bagi para marketer dan brand. Jumlah pengguna Facebook di Indonesia yang sangat banyak juga dipengaruhi oleh budaya masyarakat Indonesia yang memang senang bersosialisasi.

Jumlah Pengguna Facebook di Asia

Jumlah Pengguna Facebook di Asia

Dengan tingkat penetrasi internet yang masih relative rendah di Indonesia, potensi digital marketing masih sangat besar di masa-masa mendatang.

Perubahan Perilaku Belanja Iklan Akibat Pertumbuhan Jumlah Pengguna Internet

Menurut studi yang dirilis oleh eMarketer dan di-cover oleh Mashable.com , di Amerika Serikat sendiri, jumlah belanja iklan untuk online media sudah lebih besar dari print media dan akan terus bertambah. Hal ini dikarenakan melalui online media, spending lebih terukur dan bisa melakukan targetingdengan lebih spesifik.

Belanja Iklan di AS 2011-2016

Belanja Iklan di AS 2011-2016

Online vs Print Spending di AS 2011-2016

Online vs Print Spending di AS 2011-2016

Jadi, apakah anda akan beralih ke online media? atau kombinasi dari online dan print media ?

0 comments:

Post a Comment