10 Website Pemerintahan Indonesia Terbaik


Website merupakan sebuah halaman muka bagi suatu institusi untuk menciptakan sebuah citra diri. Oleh karena itu, website harus dibuat dengan tampilan yang semenarik mungkin sehingga bisa memberikan manfaat dan juga menggugah keinginan masyarakat untuk mengunjungi website tersebut.

Fenomena ini dirasakan oleh semua pihak yang memiliki kepentingan terhadap perkembangan website milik mereka. Hal ini tentu bertujuan, agar website yang ada tersebut, bukan sekedar muncul di internet saja. Namun, diharapkan adanya website tersebut mampu memberikan informasi kepada masyarakat tentang segala sesuatu yang perlu diketahui masyarakat pengguna internet.
Termasuk di dalamnya adalah website yang dikelola oleh pemerintah daerah, yang mulai dikemas secara menarik. Mengingat website pemerintah daerah pada nantinya akan memiliki fungsi sebagai media yang akan digunakan oleh masyarakat guna mendapatkan informasi yang mereka butuhkan.
Ada sepuluh pemerintah daerah yang dianggap memiliki tampilan desain terbaik dalam situs mereka. Sepuluh website tersebut adalah :
  1. Website milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
    Alamat dari situs resmi milik Provinsi DKI Jakarta adalah www.jakarta.go.id. Desainnya yang menarik disesuaikan dengan karakter masyarakat Jakarta yang sebagian besar sudah akrab dengan teknologi internet.
  2. Website milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
    Alamat website milik Provinsi Kalimantan Selatan sendiri adalah www.kalselprov.go.id. Di dalamnya berisi informasi yang berhubungan dengan pemerintahan Kalimantan Selatan.
  3. Website milik Pemerintah Provinsi Sumatera Barat
    Provinsi yang terletak di pulau Sumatera ini memiliki alamat website resmi www.sumbarprov.go.id. Semua berita terbaru yang berhubungan dengan provinsi tersebut akan dimuat dalam situs ini.
  4. Website milik Pemerintah Kota Bandung
    Dengan menggunakan alamat www.bandung.go.id, masyarakat Kabupaten Bandung bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan pada situs tersebut.
  5. Website milik Pemerintah Kabupaten Majalengka
    www.majalengkakab.go.id adalah alamat resmi website milik pemerintah kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  6. Website milik Pemerintah Kota Depok
    Alamat website dari pemerintah kota Depok ini adalah www.depok.go.id
  7. Website milik Pemerintah Kota Bekasi
    Sebagai kota yang berdekatan dengan ibukota negara, Bekasi memiliki website sebagai alat komunikasi dengan masyarakatnya. Website ini bisa diakses pada alamat www.bekasikota.go.id
  8. Website milik Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi
    Website www.kuansing.go.id menyajikan informasi lengkap mengenai profil provinsi yang terletak di pulau Kalimantan.
  9. Website milik Pemerintah Provinsi Bali
    Sebagai tujuan wisata dunia, Bali memiliki kepentingan untuk menciptakan website yang mampu menyajikan segala sesuatu terkait wilayah Bali. Itulah sebabnya, melalui website www.bali.go.id, pemerintah menyajikan semua gambaran yang bertujuan menarik minat wisatawan datang ke Bali serta juga informasi yang berhubungan dengan pemerintahan.
  10. Website milik Pemerintah Kabupaten Boyolali
    Boyolali terletak di provinsi Jawa Tengah. Berdekatan dengan gunung Merapi dan memiliki industri andalan susu sapi. Melalui www.boyolalikab.go.id, kabupaten ini hendak memperkenalkan potensi yang ada di wilayahnya, serta menyampaikan segala macam informasi yang dibutuhkan masyarakat.

4 comments: