Menjaga kesehatan di musim hujan



Menjaga kesehatan di musim hujan - Pergantian musim kemarau ke musim hujan biasanya menyebabkan banyak orang terserang penyakit. Cuaca yang tidak menentu terkadang membuat stamina tubuh seseorang berada dalam kondisi yang kurang prima. Tidak hanya pada saat musim hujan, saat pergantian dari musim hujan ke musim kemarau pun banyak yang terserang penyakit. Seperti saat ini, penyakit flu merupakan salah satu penyakit yang mudah menyerang manusia. Demikian disampaikan mahasiswa Stikes Kuningan, Vina Fuji Lastari kepada Kuningan News, Jumat (07/11/2012).

“Penyakit flu mudah sekali menyerang. Flu merupakan jenis virus mudah menular, yaitu melalui udara, dan juga dari aktivitas sehari-hari, seperti memegang atau bersentuhan dengan seatau benda, apalagi pada musim hujan ini flu rentan sekali dirasakan sebagian warga," kata Vina.

Dikatakannya, banyak tips-tips untuk menjaga kesehatan saat musim hujan. Diantaranya, biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, karena sangat penting untuk menghindari penularan dan efektif untuk mengurangi risiko tertular penyakit saluran nafas.

“Tutup mulut dan hidung sewaktu bersin atau batuk. Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Lakukan relaksasi, karena dapat memperkuat daya tahan tubuh. Tidak merokok, karena asap rokok dapat menyebabkan bagian sistem pernafasan kering sehingga mudah terkena virus,” terangnya.

Selain itu lanjut Vina, banyak menghirup udara segar, dapat menyehatkan sistem pernafasan dan mengistirahatkan seseorang dari berkontak dengan semua virus dan bakteri yang beredar di dalam ruangan. Kenakan jas hujan atau payung ketika hujan. “Lakukan olahraga secara teratur, tidak perlu olahraga berat karena aktifitas fisik dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, minum air putih yang banyak dan tidur yang cukup,” ujarnya.

Dimusim hujan ini sambung Vina, ada juga batuk yang mudah menyerang tubuh saat musim hujan ini. Sementara untuk Demam Berdarah kecil kemungkinan bakal menyerang manusia, sebab musim hujan ini kekebalan tubuh manusia bisa mengatasi serangan dari DBD.

“Yang paling rentan sekali terserang flu ini adalah anak-anak, sementara flu yang diderita orang dewasa merupakan penularan dari anak-anak yang terserang penyakit flu,” papar Vina.

3 comments:

  1. blog walking (ง'̀⌣'́)ง
    http://bima-cyber4rt.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. follow http://klikleft.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. makasih info dari artikelnya gan

    moga ilmunya bermanfaat

    ReplyDelete